Pages

Senin, 23 Juli 2012

Lee Chung Yong

Lee Chung-yong (lahir 2 Juli 1988; umur 24 tahun) adalah seorang pemain sepak bola Korea Selatan yang bermain untuk Bolton Wanderers di Liga Primer Inggris dan tim nasional Korea Selatan. Nama julukannya adalah, Blue Dragon, yang merupakan terjemahan dari nama Korea Chung-yong. Lee Chung-yong terpilih sebagai salah satu gelandang dunia yang paling bersinar oleh ESPN dan harian Inggris, The Times pada tahun 2009, sekaligus orang Korea yang ke-7 serta termuda yang bermain di Liga Utama Inggris, yang dikontrak mulai akhir Juli 2009.
Awalnya Lee Chung-yong keluar dari SMP untuk bergabung dengan pesepak bola profesional Korea dalam peringkat rendah. Ia mulai dikontrak oleh FC Seoul saat Senol Gunes menempatkkannya pada tahun 2004. Sejak dimasukkan dalam timnas Korea Selatan oleh manajer Huh Jung-moo, Lee telah memperbaiki permainan dengan terutama dengan memaksimalkan lompatan. Ia dan kawan setim FC Seoul, Ki Sung-ryeung, membentuk sebagian gelandang tengah timnas, bersama Park Ji-sung (MU) dan Cho Won-hee (Wigan Athletics).
Lee mulai bermain di Bolton, yang saat itu menduduki peringkat ke-13 dalam Liga Utama Inggris musim 2009 dengan rekor 11 kemenangan, 8 seri dan 19 kali kalah. Dengan kemampuan menggiring bola yang mantap, kecepatan dan pergerakan yang agresif, ia dianggap sebagai pemain Korea yang cukup matang yang bermain di Liga Utama. Dikenal karena kemampuannya yang mengacau permainan bek, wataknya agresif, saat diarahkan dalam arah yang benar, dapat dijadikan sebagai penggerak kawan-kawan setimnya. Ia dapat bermain baik sebagai gelandang tengah dan posisi sayap kanan, dengan mencetak 2 gol dan 4 kali bantuan untuk FC Seoul pada musim 2009.

0 komentar:

Posting Komentar

"CINTAILAH SEJARAH KARENA KEHIDUPAN YANG ANDA ALAMI SAAT INI BERAWAL DARI SEJARAH"