Pages

Jumat, 28 Oktober 2011

Kerajaan Jongkong

KERAJAAN JONGKONG 

BAB I
PENDAHULUAN

  1. A.    LATAR BELAKANG
Menurut kisah “Jongkong” berasal dari salah satu nama tumbuhan atau kayu yang dalam bahasa setempat disebut ”Jungkung” (libut). Sejenis kayu yang lembut,mengapung atau timbul,jika diatas air,tapi sulit dipotong.
Karakteristik kayu libut memang unik, lembut tapi “liut”, ibaratkan sifat manusia yang lemah lembut, tapi sulit ditundukkan. Tumbuhan ini hidup diatas air, sesuai ciri kawasan yang rendah dan mudah tergenang air.
Nama Jongkong terdapat pula di Tanjung Balai Karimun yaitu sebuah kawasan yang kaya dengan tambang tembaga. Tak jelas, memang apakah ada hubungan anatara Kota Jongkong di Muara Sungai Embau dengan Kota Jongkong di Tanjung Balai Karimun Propinsi Riau.
Apakah nama kedua kota ini yang kebetulan sama karena serupun kaum melayu, atau memang kota ini didirikan oleh orang riau dulunya? ( allahu a’lam bissahawab ).

  1. B. TUJUAN
Mengambil hikmah dan mensyukuri apa yang ada dibalaik pertikaian serta sejarah kerjaan Van Djongkong pada masa itu


BAB II
PEMBAHASAN

  1. A.    TUAH JONGKONG
Sebuah kota yang terletak dipinggir sungai dimuara batang embau berderetan rumah tinggi terbuat dari tiang-tiang tembesu dan lanting-lanting yang membentang sepanjang bibir sungai. Sebuah kota yang semakin ramai dan galak perkembangannya dari gari kehari .
Disetiap sudut kota, berdiri masjid dan surau yang menandai kota yang bernuansa religious berprndudukan yang paling besar dari suku melayu yang menganut agama islam.
Kota air memang lebih cocok buat jongkong, karena letak kota di dataran rendah dan pemukiman penduduk dibawah hamparan bukit senara dan bukit semujan yang berdiri kokoh.
Tak jelas berdirinya kota ini, yang pasti jongkong bukan hongkong, tapi mirip dari segi aktifitas, dengan semangat anak melayu yang rajin dan gembar berdagang, serta memiliki keunikan budaya yang khas berupa, “ Lomba Aruk “ seperti lomba sampan serupa dengan perahu naga di negeri cina.
Jongkong tak pernah sepi dan tak hirau dengan kegalauan orang akan kemacetan jalan dilintas selatan. Kota ini seakan mempunyai tuah dan penuh rahmat dan berkah .

  1. B.     SEJARAH BERDIRINYA KERAJAAN JONGKONG
Raja Jongkong yang pertama adalah Abang Jembu yang menikah dengan Putri Galuh, dari perkawinan Abang Jembu alias Abang Tedung Bergelar Kiyai Pati Uda melahirkan seorang anak yang bernama Abang Usman bergelar Pangeran Kusuma dan Abang Abdurllah yang bergelar Raden Nata Serta Abang Alam yang bergelar Pangeran Mangku Negeri.
Berdasarkan sumber sejarah ( ethoven : 1903 )” bujak adalah adalah keturunan semagat dari Suku Dayak Embaloh Palin disungai Ulak Limau Temau yang setelah menjadi mualaf kemudian menetep di Muara Ulak Landau Tahun 1860.
Bujak menikah dengan cucu kiyai pati uda dan setelah menjadi muslim, bujak berganti nama Gusti Abdul Arab Alias H. Abdul Samad Putra 2 orang yaitu gusti Sulaiman Landung dan Putrid Rondu.
Abdul arab pernah memimpin ini tak kala menjadi kevakuman kepemimpinan setelah wafatnya abang abdurlah alias raden nata ( 1850-1864 )
Dalam catatan “ jongkong State Founded Tahun 1890-1917” tercatat bahwa raja-raja yang pernah memerintah  kerajaan jongkong adalah :
  1. Abang jombu bin abang tedung bergelar kiyai pati uda ( 1800 – 1864 )
  2. Abang abdurlah bergelar raden nata ( 1850-1864 )
  3. Abang abdul arab bergelar pangeran muda suria Negara ( 1864-1866 )
  4. Abang abdurllah  bin abang unang bergelar pangeran haji muda gusti alam  1886-1917 yang disahkan melalui akte van verban tanggal 11 desember 1899 yang disahkan oleh yang mulia seri paduka government general van naderland indie pada tanggal 19 februari 1900, sebagai raja pertama yang bergelar pangeran muda, gusti alam.
Gusti sulaiman ladung anak dari gusti abdul arab kemudian menikah dengan putrid masinti, dilanjutkannya pernikahan antara gusti sulaiman ladung dan putrid masinti mendapatkan anaka yang bernama :
  1. Gusti Alam
  2. Gusti Muhammad Umar
  3. Gusti Hamzah
Setelah meninggalnya sulaiman ladung, maka diangkatlah putra tertua dari ketiga bersaudara yaitu gusti alam yang bergelar gusti alam putra Negara pangeran yang muda beristrikan putrid rahmah suria ( suadara kandung penebahan selimbau ).
Dari pernikahan ini mendapat putrid bernama luk luai maznun yang sehari-hari dipanggil putrid nun. Anak semata wayang ini menikah dengan raden Mahmud anak kandung penebahan selimbau yang melahirka 4 orang anak yaitu ;
  1. Gusti Muhammad Saleh Mahmud
  2. Putrid Hijriah Binti Raden Mahmud
  3. Gusti Muhammad Nuh Mahmud
  4. Gudti Mazdalifah Mahmud
Dalam catatan terakhir bahwa gusti Muhammad Saleh Mahmud merupakan salah satu seseorang camat yang bertugas di Jongkong.

  1. C.    ORANG EMBAU DAN DEMANG NUTUB
Demang Nutub anak kandung Jebair irwan dari kabupaten sintang adalah orang kuat yang mempunyai kesaktian yang luar biasa. Dalam pengembaraannya kekapuas hulu, Demang Nutup menikah dengan di Nanga Letuh kawasan sungai embau, yaitu :
  1. Ne’ Riam Sunsang, bermukiman di Nanga Leteuh dan disana ada tangga melintang yang bernama tangga kanji.
  2. Pukat jarang, bermukiman di Nanga Mentok sebelah hulu Desa Bugang atau sebelah Hilir Desa kelakar.
  3.  Raga Rambang, bermukiman di Riam Ara atau Namga Lidi
  4. Remi, bermukiman di Ribang Tamang Jongkong dengan tanda Kucilang Besi yang menurut orang-orang melayu di jongkong dan disekitarnya.
Dalam buku Khasana yang Bertabur di Nusantara diceritakan Demng nutup mati raib atau menghilang disungai Suhaid sewaktu menangkap kijang emas.
Keturuna pertama Demang nutub yang masuk islam adalah Abang Tajak yang bergelar Abang tajakSuriadilaga Paku Negara yang menjadi raja selimbau.
Orang emabau dikenal sebagai kaum pengelana ( hijriah ) sesuai dengan Krakteristik Demang Nutub yang gagah berani.
Dalam sebuah dokumentasi yang disampaikan tuan Donald Tick tanggal 24 september ( pusat dokumentasi kerajaan-kerajaan Indonesia pusaka yang beralamat di Bleiswijk Street 52c 3135 AM Vlserdingen naderland ), dalam kerajaan sanggau dituliskan bahwa : “ adapun pengganti dari dayang mas ( yang keturunan Dara Nate Raja Sanggau ) adalah dayang puasa yang bergelar Nyai Sura yang bersuamikan Kiyai Patih Gemuk dan beranakan Abang Renggang setelah Kiyai Patih Gemuk meninggal, maka barulah Nyai Sura menggantikan kedudukan suaminya. Kemudian Nyai Sura menikah dengan Abang Awal dari kerajaan Embau Hulu Kapuas mempunyai 4 orang anak yaitu :
  1. Abang Djalal bertahta di Balai Lindi – Melawi
  2. Abang Nurul Kamal Bertahta dan menjadi penebahan di Sanggau
  3. Abang Djauhir yang menjadi penebahan kerajaan disintang
BAB III
PENUTUP
  1. A.    KESIMPULAN
Telah dijelasakan diatas bahwa mayorita di kerajaan jongkong adalah masyarakat muslim yaitu menganut agama islam.
Banyak terjadinya silsilah kekeluargaan nyambung – menyambung
Pengghasilan masyarakat dijongkong adalah berdagang dan perkerja kerasa dan orang jongkong dan sekitarnya boleh disebut juga kaum pengelana ( hijrah ).

  1. B.     SARAN
Dari kesimpulan diatas kerajaan ini merupakan ujung tombak untuk berfikir dan memahami serta mengambil hikmah dari keuleten mereka pada masa itu. Dengan kesederhanaan letak yang strategis kerjaan ini juga ramai dengan hiruk piruk disepanjang jalan lintas selatan.

0 komentar:

Posting Komentar

"CINTAILAH SEJARAH KARENA KEHIDUPAN YANG ANDA ALAMI SAAT INI BERAWAL DARI SEJARAH"