Pages

Rabu, 11 Januari 2012

Kirgizstan

 
Bendera
 
Lambang
Lokasi
 
Kirgizstan (Bahasa Kirgiz: Кыргызстан) yang dulu, sebelum berpisah dari Uni Soviet dikenal sebagai Kirgisia adalah sebuah negara yang terletak di Asia Tengah. Berbatasan dengan Republik Rakyat Cina, Kazakhstan, Tajikistan, dan Uzbekistan. Ibu kotanya berada di Bishkek (dulunya Frunze).

Sejarah

Kirgizstan dianeksasi oleh Kekaisaran Rusia pada 1864; negara ini memperoleh kemerdekaannya pada 1991. Di bawah Uni Soviet, Kirgizstan menjadi Republik Sosialis Soviet pada 1937 dengan nama lengkap Republik Sosialis Soviet Kirgizia (atau RSS Kirgizia).
Pada tahun 2005, terjadi kerusuhan di Kirgizstan yang berujung pada jatuhnya presiden Askar Akayevich Akayev.

Politik

Dalam tahun-tahun pertama kemerdekaan penuh Kirgizstan, Presiden Akayev kelihatan bersungguh-sungguh mempunyai komitmen kepada proses reformasi. Namun meskipun mendapatkan bantuan dana dari pihak Barat, termasuk Dana Moneter Internasional, Kirgizstan telah mengalami kesulitan ekonomi dari awalnya. Ini disebabkan pemisahan dari blok perdagangan Soviet, yang menghalangi transisi Kirgizstan yang mulus menuju ekonomi pasar bebas.
Revolusi Tulip (tidak bardarah)telah berhasil menurunkan presiden Akayev pada tahun 2005 dikarenakan adanya ketimpangan perkembangan ekonomi wilayah antara utara dan selatan. Hal ini terjadi karena Akayev dan keluarga berasal dari wilayah utara yang menyebabkan wilayah selatan makin terpuruk secara ekonomi. Posisi Presiden kemudian diambil alih oleh Kurmanbek S. Bakiyev yang menawarkan Revolusi Warna yaitu mengharapkan pemerintahan yang demokratis.
Bakiyev menutup basis militer Amerika Serikat di Kyrgistan tahun 2009. 7 April 2010, posisi Bakiyev diturunkan dan diambil alih oleh Roza Otunbayeva, yang sebelumnya adalah menteri luar negeri Kyrgistan. Pada peralihan kepemimpinan kali ini telah menelan korban 68 orang meninggal dan 400 orang terluka di provinsi Osh. Pertikaian bertambah parah karena terdapat unsur etnis yaitu etnis uzbekistan dengan kirgistan. Evakuasi massal oleh etnis uzbekistan menandakan ketidakberhasilan pemerintah dalam keamanan dan stabilitas dalam negeri. Roza sempat meminta bantuan kepada Rusia yang ditanggapi dingin dan hanya akan mengirim bantuan kemanusiaan saja.
Roza bersedia negoisasi dengan Bakiyev dalam menangani masalah ini, hingga saat ini Bakiyev mengasingkan diri di Belarusia.

Oblasttar (Daerah-daerah)

Kirgizstan dibagi kepada 7 oblast (jamak: oblasttar; dari bahasa Rusia yang berarti wilayah atau provinsi) dan 1 kota (shaar). Selain Bishkek, ibu kota provinsi Osh, Osh, juga mempunyai status shaar. Ketujuh oblast dan dua shaar tersebut adalah (disertai nama ibu kota dalam kurung):
Oblast kemudian dibagi lagi kepada raions (distrik), yang diperintah para pejabat yang dilantik oleh pemerintah pusat. Komunitas luar kota, yang berjumlah hingga 20 pemukiman kecil, mempunyai kekuasaan sendiri dengan wali kota dan dewan kota.

Ekonomi

Kirgizstan ialah negara kecil, miskin, bergunung dengan ekonomi utamanya pertanian. Gandum, kentang, gula bit, kapas, wol, tembakau, buah, daging sapi dan daging domba merupakan produk pertanian yang utama, dengan kapas, wol dan daging ekspor utama. Ekspor industri termasuk emas, merkuri, uranium, dan listrik. Kirgizstan telah merupakan salah satu negara paling progresif dari bekas Uni Soviet dalam melaksanakan reformasi pasar. Menyusul kesuksesan program stabilisasi, yang menurunkan inflasi dari 88% pada 1994 menjadi 15% pada 1997, perhatian telah sejak saat itu berbalik terhadap perkembangan yang menimbulkan semangat. Banyak saham perusahaan pemerintah telah terjual. Penurunan dalam produksi telah menjadi keras sejak ambruknya Uni Soviet pada Desember 1991, namun dari pertengahan 1995 produksi mulai pulih dan ekspor mulai bertambah. Pensiunan, pengangguran, dan pekerja pemerintah dengan tunggakan pajak terus diderita. Bantuan luar negeri memainkan peran besar dalam perubahan haluan ekonomi negara. Pemerintah telah mengambil serangkaian langkah untuk memberantas berbagai masalah berat seperti utang luar negeri yang berlebihan, inflasi, pungutan pajak yang tak cukup, dan jatuhan dari kekacauan ekonomi Rusia. Kirgizstan telah menikmati perkembangan tegap tiap tahun sejak 1999.

Geografi

Peta Kirgizstan
Kirgizstan terletak di rangkaian pegunungan Tian Shan. Issyk Kul adalah danau terbesar di Kirgizstan dan danau pegunungan terbesar kedua di dunia setelah Danau Titicaca.

0 komentar:

Posting Komentar

"CINTAILAH SEJARAH KARENA KEHIDUPAN YANG ANDA ALAMI SAAT INI BERAWAL DARI SEJARAH"