Pages

Sabtu, 10 Desember 2011

Parma

Parma FC.png
Parma Football Club (dahulu bernama Parma Associazione Calcio, Parma A.C.) adalah sebuah klub sepak bola Italia yang bermarkas di Parma, Emilia-Romagna. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Ennio Tardini yang berkapasitas 29.050 penonton. Seragam mereka adalah biru-kuning, sehingga mereka dijuluki Gialloblu (biru-kuning).
Didirikan pada tahun 1913 dengan nama Verdi FC, klub ini kemudian berganti nama menjadi Parma FC pada akhir tahun tersebut. Hingga tahun 1980-an Parma hanya bermain di Seri B dan C dan bahkan pernah menjadi tim semi-profesional. Tahun 1990 untuk pertama kalinya Parma masuk Seri A di bawah asuhan Nevio Scala. Di bawah Scala, Parma menjadi tim kuat dan merebut gelar Piala UEFA (94/95), Piala Winners (92/93), Piala Super Eropa (93), serta Piala Italia (91/92). Beberapa pemain mereka pada tahun 1990-an termasuk Fabio Cannavaro, Gianfranco Zola, Faustino Asprilla, Dino Baggio, Hernan Crespo, Enrico Chiesa, dan Diego Fuser.
Tahun 2005 setelah mengalami masalah keuangan, klub ini diumumkan telah dibeli oleh Lorenzo Sanz dan berganti nama menjadi Parma Football Club, namun pembelian ini tidak pernah diselesaikan sehingga hingga kini Parma masih di bawah kepengurusan sementara.

Gelar

0 komentar:

Posting Komentar

"CINTAILAH SEJARAH KARENA KEHIDUPAN YANG ANDA ALAMI SAAT INI BERAWAL DARI SEJARAH"