Pages

Rabu, 14 Desember 2011

River Plate

River Plate logo.png
Club Atlético River Plate atau dipanggil River Plate merupakan sebuah tim sepak bola Argentina yang bermain di Divisi Primera División Argentina. Bermarkas di Nuñez, Buenos Aires, Argentina. Didirikan tahun 1901. Klub sepak bolanya telah menjuarai 32 kali Divisi Primera Argentina.

Profil

River Plate dibentuk pada tanggal 25 Mei 1901 sebagai tandingan dari tetangganya, Boca Juniors (dan kemudian menjadi rivalitas abadi hingga sekarang).
River mulai terkenal pada era 1940-an saat gaya menyerang yang diperagakan oleh skuad River mampu mengalahkan tim manapun disaat itu. Dengan lima striker (Juan Carlos Muñoz, Jose Manuel Moreno, Adolfo Pedernera, Angel Labruna, dan Felix Loustau) gaya bermain River Plate bisa disamakan dengan Total Football ala Belanda.
Antara 1952-1957, River memenangkan lima dari enam gelar liga, sebelum puasa gelar selama 18 tahun selanjutnya. River kembali ke performa puncak pada tahun 1975 dengan pelatih Angel Labrina dan beberapa pemain top saat itu seperti Ubaldo Fillol, Daniel Passarella, dan Norberto Alonso.
Pada 1986, River memenangi Copa Libertadores untuk kali pertama. Saat itu pemain bintang mereka adalah Claudio Caniggia.
Hingga saat ini CA. River Plate telah memenangi 32 gelar Liga Argentina, satu Piala Intercontinental (sekarang berubah nama menjadi FIFA Club World Cup), dan dua Copa Libertadores (1986 dan 1996). Pada 1987 River memenangi Copa Interamericana setelah mengalahkan LD Alajuelense dari Kosta Rika. River merupakan tim Argentina pertama yang mampu mengawinkan gelar Supercopa dengan Torneo Apertura pada tahun 1997. Atas keberhasilannya ini, River sempat bertengger di puncak daftar klub terbaik dunia pada tahun 1997 dan menjadikan River sebagai tim Argentina pertama yang mampu muncul di puncak daftar yang dikeluarkan oleh IFFHS tersebut.
Pada 1999, River dinobatkan sebagai Klub Terbaik Argentina Abad 20 oleh FIFA karena lebih banyak memenangi gelar Liga Argentina ketimbang Boca Juniors (19 gelar) dan CA. Independiente (13) (semuanya sampai akhir 1999).

Rivalitas

Rival abadi River Plate tak lain dan tak bukan adalah klub sekota mereka di Buenos Aires, siapa lagi kalau bukan Boca Juniors. Duel mereka biasa disebut Superclasico.
Setiap kali mereka bertemu suasana meriah ataupun berbau kerusuhan selalu terjadi. Nyaris tidak ada perdamaian antara kedua tim hingga saat ini.
Atas dasar tersebut, BBC menyebutkan bahwa pertandingan River Plate vs. Boca Juniors adalah salah satu derby terbaik yang ada didunia selain derby Milano (Inter vs. AC Milan) atau derby London (Chelsea vs. Arsenal).

Titel

Pedernera dan Peucelle, Pemain masa depan River Plate

0 komentar:

Posting Komentar

"CINTAILAH SEJARAH KARENA KEHIDUPAN YANG ANDA ALAMI SAAT INI BERAWAL DARI SEJARAH"