Pages

Kamis, 01 Desember 2011

Kepulauan Canary

Bendera 
Bendera
Lokasi Kepulauan Canaria


Kepulauan Canaria terdiri dari tujuh pulau vulkanik yang terletak di Samudra Atlantik, sebelah barat laut pesisir Afrika (Maroko dan Sahara Barat). Kepulauan ini termasuk dalam wilayah Spanyol dan merupakan salah satu komunitas otonomi negara itu. Kepulauan Canaria juga diklaim oleh Maroko.

Geografi alam

Gunung Teide (Tenerife), gunung tertinggi di Spanyol. Merupakan Taman Nasioanl yang paling dikunjungi di Spanyol, Eropa dan kedua di dunia.
Berikut adalah daftar ketujuh pulau beserta ibu kotanya dalam tanda kurung:
Pulau terdekat berjarak 108 km dari sebelah utara pesisir Afrika.
Kepulauan Canaria membentuk kawasan ekologi Macaronesia bersama dengan Azores, Tanjung Verde, Madeira dan Pulau Savage. Gunung berapi Teide di pulau Tenerife adalah gunung tertinggi di Spanyol. Menurut letak kepulauan berkenaan dengan angin pasat, cuacanya sejuk dan basah atau sangat kering. Beberapa spesies asli dilindungi, seperti pohon drago Dracaena draco dan hutan Laurisilva.
Kepulauan Canaria, dengan empat dari 13 taman nasional di Spanyol, mempunyai taman nasional yang terbanyak di antara komunitas otonomi lainnya:

Administratif

Komunitas Otonomi Kepulauan Canaria terdiri dari dua provinsi: Las Palmas dan Santa Cruz de Tenerife, yang ibu kotanya (Santa Cruz de Tenerife dan Las Palmas de Gran Canaria) merupakan ibu kota bersama komunitas otonomi ini. Setiap tujuh pulau utama Kepulauan Canaria dipimpin oleh sebuah majelis cabildo insular.

Sejarah

Peta Kepulauan Canaria
Kepulauan Canaria dipercayai melahirkan mitos Yunani Taman Hesperides.
Kepulauan ini dinamakan "Canaria" (dari bahasa Latin canis yang bermakna 'anjing') karena banyaknya anjing liar yang berkelana, pertama kali dilaporkan oleh sarjana Romawi Pliny. Burung kenari dinamakan berdasarkan kepulauan ini. Kepulauan yang dahulu kala dikuasai oleh petualang asal Norman dan Portugis ini akhirnya dikuasai oleh Kastilia pada akhir abad ke-15. Penduduk setempat (mungkin suku Berber) —dinamakan guanches— kemudian berkurang jumlah penduduknya hingga mereka punah atau berbaur dengan para pendatang. Nama burung kenari berasal dari sini.
Kepulauan Canaria pertama kali ditemukan oleh pelaut Yunani kuno dan Romawi, namun baru pada awal 1400-an manusia mulai ingin menjajah Canaria.
Pada 1402, penjelajah Perancis Jean de Bethencourt memimpin sebuah ekspedisi menuju Canaria. Mereka mendarat di sisi utara Lanzarote. Dari situ, beliau menguasai Fuerteventura dan Hierro. Bethencourt mendapat gelar Raja Kepulauan Canaria namun ia mengakui Raja Enrique III dari Kastilia, yang membantunya selama penguasaan, sebagai maharaja.
Bethencourt juga membangun sebuah pangkalan di pulau Gomera, tetapi dia membutuhkan beberapa tahun sebelum pulau itu benar-benar dikuasai. Penduduk Gomera, Gran Canaria, Tenerife, dan La Palma melawan para penjajah Spanyol selama hampir seabad.
Hingga 1495, Canaria telah jatuh ke tangan Spanyol. Kota Santa Cruz, di La Palma, menjadi titik perhentian bagi penjajah, pedagang dan pewarta Injil asal Spanyol yang akan menuju Dunia Baru.
Kepulauan Canaria menjadi kaya sehingga menarik minat pedagang dan petualang dari belahan Eropa. Berbagai istana dan gereja megah dibangun di La Palma selama masa kejayaan yang sibuk ini. Obyek wisata yang terkenal ialah Gereja El Salvador, salah satu contoh arsitektur terindah yang dibangun tahun 1500-an.
Pada 1977, 583 orang tewas akibat kecelakaan penerbangan dashyat yang dikenal dengan Bencana Tenerife.

Ekonomi

Sumber ekonomi Canaria ialah dari sektor pariwisata dan pertanian tropis (pisang, tembakau) yang diekspor ke Eropa dan Amerika. 10 juta turis mengunjungi kepulauan ini setiap tahun. Para ahli ekologi prihatin sumber alam, terutama di pulau yang agak kering, terlalu dieksploitasi.
Dengan kombinasi pegunungan di Eropa yang tinggi dan langit yang cerah, puncak gunung Roque de los Muchachos (di pulau La Palma) cocok bagi teleskop untuk diletakkan di sana.
Kepulauan Canaria berada di luar kawasan bea cukai Uni Eropa, walaupun secara politik termasuk dalam UE. Barang-barang yang tunduk kepada bea cukai Spanyol, pajak dan PPN, seperti tembakau atau barang elektronik, harganya sangat murah di Canaria. Kepulauan ini tidak mempunyai kode internet khusus seperti layaknya wilayah Spanyol lainnya.
Zona waktu Kepulauan Canaria adalah GMT, kurang satu jam dari daratan Spanyol dan sama seperti waktu London.

0 komentar:

Posting Komentar

"CINTAILAH SEJARAH KARENA KEHIDUPAN YANG ANDA ALAMI SAAT INI BERAWAL DARI SEJARAH"